Kamis, 27 Oktober 2016

PENYEBAB STRES DAN CARA MENGHILANGKAN STRES

 PENYEBAB STRES DAN CARA MENGHILANGKAN STRES

Image result for cara menghindari stress
Stres merupakan kondisi tubuh yang tidak nyaman dikarenakan pikiran menampung beban berlebih sehingga muncul rasa penat yang mana jika berkepanjangan dapat menganggu kondisi mental dan kesehatan seseorang. Walau bagaimanapun setiap orang tidak bisa hidup jauh dari stres karena pada dasarnya hidup ini merupakan sebuah proses dimana ada kala senang ataupun sulit.
Stres yang menimpa seseorang bisa dilihat dari beberapa indikator, contohnya seseorang yang stres akan labil dalam melakukan sesuatu, terburu-buru saat bekerja dan masih banyak tanda lain yang timbul pada orang yang mengalami stres.

A.    PENYEBAB STRES

Saat ini banyak orang yang tidak tahu kalau hal yang sedang dilakukannya secara terus menerus dengan kondisi otak dalam keadaan tidak baik dapat memicu stres. Berikut ini beberapa penyebab stres yang perlu Anda ketahui seksama.

1.     Ekonomi
Tidak semua orang terlahir dari keluarga yang berkecukupan, apalagi di negara berkembang seperti Indonesia yang mayoritas penduduknya bisa dikatakan menyandang status sosial tingkat bawah.
Image result for EkonomiHal ini (ekonomi) menjadi pemicu utama seseorang mengalami stres. Sebagai contoh seorang ibu yang terus memikirkan bagaimana anaknya bisa melunasi SPP sekolah yang sudah menunggak berbulan-bulan, lama kelamaan otak akan stres hanya untuk menemukan solusi terbaik.

2.     Kerja berlebihan
Image result for Kerja berlebihanSegala sesuatu yang dilakukan secara berlebih tidaklah baik. Contoh saja, seseorang yang sakit mengira bahwa minum obat yang banyak dapat mempercepat proses pemulihan, tetapi hal tersebut justru membuat kondisi semakin memburuk, bisa overdosis bahkan berisiko kematian.
Sama halnya dengan bekerja yang berlebihan. Jikalau terpaksa, alangkah baiknya disela-sela waktu kerja Anda, refresh otak dengan berjalan keluar kantor sejenak atau cuci muka dengan air dingin agar wajah tetap sehat dan tampak segar.

3.     Percintaan
Image result for PercintaanPara remaja bau kencur yang sedang menikmati manisnya cinta ataupun mereka yang sudah berkeluarga akan stres jika hubungan percintaan dalam hidupnya mengalami konflik akan merasakan stres dan kepenatan hidup. Kita ambil contoh pasangan keluarga yang berselisih untuk mengatur finansial, atau bisa juga bertengkar hanya karena masalah sepele, misalnya timbul rasa ketidakpercayaan satu sama lain jika pulang kerja terlalu larut.

Melihat ketiga faktor pemicu stres barusan sepertinya sudah mewakili yang lain seperti obsesi pada kesempurnaan, kurangnya minat melakukan sesuatu, bingung akan kepastian, selalu menerima segala masalah dengan pikiran negatif, tidak mendapat waktu cukup untuk kumpul bersama teman dan masih banyak lagi.

B.     CARA MENGHILANGKAN STRES

Jika dibiarkan terus mengganggu keseharian Anda, otomatis berbagai masalah akan timbul. Salah satunya adalah rambut cepat beruban, tetapi jika memang rambut Anda ubanan, cobalah atasi dengan membaca artikel cara menghilangkan uban.

Sementara untuk mengatasi stres, Anda bisa menerapkan sejumlah cara menghilangkan stres berikut.

1.      Bernafas dalam-dalam

Image result for Bernafas dalam-dalamLakukan yoga jika Anda sedang stres, biasanya salah satu teknik yoga adalah menarik nafas dalam-dalam seperti melakukan meditasi. Menarik nafas dalam-dalam dapat memproduksi laju hormon endorfin yang membuat pikiran tenang serta hati yang bahagia. Sebelum mencobanya, pastikan Anda melakukan ini diruangan yang tidak bising dan sejuk, misalnya di halaman rumah ketika sore hari atau pagi hari.


2.      Dengarkan musik santai

Image result for Dengarkan musik santaiAnda bisa makan cemilan sembari mendengarkan musik yang melodinya slow, atau coba cari musik klasik berjudul “Pachelbel’s Canon in D”. Irama dari lagu tersebut membuat hati tersentuh jika didengarkan dengan betul dan mengekspresikan rasa gembira pada beberapa bagian melodinya.


3.      Positive thinking
Image result for Positive thinkingJika ada yang ngomongin Anda dari belakang, tetaplah sabar dan positive thinking. Mungkin mereka membicarakan skill menonjol yang tertanam dari diri Anda, seperti kedisiplinan Anda datang ke kantor, ketekunan dalm bekerja, bertindak dan berpikir cepat dan beberapa hal yang membuat diri Anda termotivasi. Hal ini juga membantu mencegah stres.

4.       Tertawa atau teriak lepas

Image result for Tertawa atau teriak lepasKalau ingin tertawa lakukanlah dengan lepas: “Ha, ha, ha...”. Anda bisa memancing keinginan untuk tertawa dengan menonton video-video lucu misalnya atau memperhatikan meme yang kocak.

Apabila memilih opsi kedua yaitu “berteriak lepas dengan suara lantang” lebih baik lakukan di tempat yang luas dan sepi. Misalnya di tepi pantai atau diatas tebing menjulang tinggi, berteriaklah dengan kencang. “Aaaaarrrghhhhh......”, lakukan beberapa kali dan rasakan reaksi yang akan timbul.


5.       Refreshing

Image result for RefreshingWeekend adalah waktu yang tepat untuk bersantai, Anda bisa ajak kerabat, sahabat, saudara/i, atau keluarga untuk jalan-jalan ke pantai atau ketempat yang asyik menurut Anda. Intinya Anda buat weekend Anda sebahagia mungkin, dengan begini stres yang menghantui Anda bisa hilang dalam sekejap.


6.       Selesaikan pekerjaan, saat itu juga!

Image result for Selesaikan pekerjaanKetika pekerjaan numpuk, kerjakan sedikit demi sedikit tapi akhirnya selesai hari itu juga. Jangan pernah bilang “Ntar, ntar, dan nanti...”, kenapa? Sebab menunda pekerjaan otomatis membuat pekerjaan semakin menumpuk, jika sudah menumpuk rasa malas pun muncul. Berbicara soal malas, Anda bisa membaca artikel mengenai cara menghilangkan rasa malas (saat bekerja, belajar dan sholat).

Dengan mencoba serangkaian kegiatan yang dipercaya mampu mengusir stres tersebut secara rutin, hari-hari Anda akan kembali bahagia. Jika beban hidup Anda seakan tidak ada habisnya, jauh lebih baik jika pergi ke psikolog untuk curhat tentang masalah kehidupan Anda, dengarkan solusi terbaik darinya dan lakukan.
Cara menghilangkan stres di atas hanyalah hasil dari survey yang telah dilakukan oleh suatu lembaga kesehatan. Tentunya semua orang punya cara tersendiri untuk mengusir stres.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami :)
Re-writter:  Ari Suryati
Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui email:  care@dluha.com


Layanan Pemulihan Data, Service HardDisk, Data Recovery, Servis Hardisk, Recovery Data, Servis Hard Disk, Recovery Data Kota Surabaya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar