Jumat, 30 September 2016

MANFAAT JERUK UNTUK KESEHATAN

MANFAAT JERUK UNTUK KESEHATAN

Image result for jerukBuah jeruk terkenal sebagai sumber vitamin dan mineral karena faktanya, dalam 100 gram bahan terdapat 30 - 50 mg vitamin C. Manfaat jeruk untuk kesehatan tidak hanya bersumber dari vitamin C saja, masih banyak kandungan gizi serta fitokimia yang belum banyak diketahui orang. Salah satu contoh nyata khasiat buah jeruk manis adalah membunuh sel kanker berkat senyawa potassium dan folic acid di dalamnya.  Lantas, apa saja kegunaan buah berwarna orange ini? Yuk! Simak selengkapnya. Meskipun vitamin C pada jeruk jumlahnya tidak begitu banyak, namun sudah mampu memasok 116% nilai harian untuk asupan vitamin C. Tentunya sudah lebih dari cukup untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat selama sehari penuh.
Pastinya anda tidak asing lagi dengan khasiat jeruk yang mampu menyembuhkan sariawan berkat sifat antiradang pada buah tersebut.

1.      Manfaat jeruk sebagai buah sumber antioksidan
Secara alami, antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Zat alami pada buah-buahan ini berperan penting dalam mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas, sinar matahari dan polusi lingkungan.
Jika anda rajin mengkonsumsi jeruk baik secara langsung ataupun dalam berbagai jenis olahan minuman, anda akan memperoleh manfaat luar biasa yaitu kulit akan terlihat awet muda karena tanda-tanda penuaan akan diperlambat secara alami.
Agar lebih jelas, perhatikan tabel kandungan gizi buah jeruk manis berikut ini :
kandungan vitamin buah jeruk
Untuk mendapatkan manfaat mengagumkan di dalamnya, anda bisa memakan jeruk secara langsung atau mengolahnya menjadi minuman jus buah yang sehat, segar, dan tentunya mudah dibuat.

2.      Daftar Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh

a.      Menurunkan kadar kolesterol jahat

Menurut hasil riset ahli, konsumsi satu buah jeruk sehari dapat membantu menurunkan kadar trigliserida (jenis lemak dalam darah) sebesar 27% dan kolesterol jahat (LDL) sebanyak 15,5%. Hal ini tidak lepas dari adanya senyawa pektin, hesperidin, serta bioflavonoid pada buah tersebut.

Image result for jerukb.    Sangat baik bagi seorang wanita
Adanya kandungan likopen dalam buah ini berkhasiat untuk mencegah munculnya penyakit kanker payudara. Sedangkan khusus bagi ibu hamil, manfaat jeruk diperoleh dari mikronutrisi asam folik yang berfungsi mengurangi resiko bayi lahir dalam keadaan cacat dan mencegah terjadinya down syndrome.
c.    Membantu menurunkan berat badan
Salah satu tugas senyawa bioflavonoid adalah mengatur proses pembakaran timbunan lemak secara kimiawi . Mengkonsumsi setengah buah jeruk sebelum makan selama 12 minggu terbukti ampuh membantu menurunkan bobot tubuh hingga 6 kg.
d.   Mengobati TBC sampai masuk angin
Campuran air perasan jeruk manis, garam, dan madu bermanfaat sebagai obat herbal tuberculosis (TBC), asma, serta masuk angin.
e.    Menjaga kesehatan pencernaan
Image result for jerukNilai serat yang terkandung pada 100 gram buah jeruk berkisar 1,4 gram. Ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi asupan serat harian. Efeknya, sistem pencernaan terjaga kesehatannya sekaligus mencegah penyakit jantung.
f.     Terbukti melawan sel kanker
Berkat enzim GTS (Glutatione S-Transferase) yang berkombinasi dengan senyawa limonoida, tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi sehingga karsinogen menjadi netral. Dengan kata lain, manfaat jeruk dapat melawan proses pembentukan sel kanker yang berbahaya bagi kesehatan.
g.    Mampu mencegah stroke
Jika rajin memakan buah jeruk setiap hari, resiko terkena stroke akan turun hingga 19% berkat kemampuannya dalam mengatasi penyumbatan pembuluh darah.
h.    Memelihara kondisi tubuh
Image result for jerukUmumnya, buah-buahan dengan rasa manis sangat disukai anak-anak. Begitu pun dengan jeruk manis. Sering mengkonsumsi buah ini dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga buah hati tidak mudah terserang sakit.
i.      Manfaat kesehatan lainnya
Membantu pembentukan sel kulit sehingga menghambat proses penuaan, mengobati pengerasan arteri secara berkala, meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan infeksi akibat bakteri, mengobati sakit demam, mengatasi rasa panas di perut, mengurangi tingkat keasaman darah, memperbaiki kualitas air seni, menyembuhkan wasir, serta menghilangkan batu empedu.

Resep Jus Jeruk mix Wortel:
Bahan-bahan :
Image result for jus jeruk wortel§  2 buah jeruk manis
§  200 g wortel
§  2 sdm air jeruk nipis
§  Potongan es batu
Cara membuat jus jeruk :
1.    Peras buah jeruk, ambil airnya saja.
2.    Cuci wortel, lalu masukkan ke dalam juicer. Sisihkan sarinya.
3.    Campur semua bahan.
4.    Sajikan jus dengan potongan es batu agar lebih segar.
Catatan : Resep jus jeruk campur wortel ini berkhasiat sebagai antikanker berkat kandungan fitronutrien yang ada di dalamnya.

Meskipun tergolong buah-buahan yang murah dan mudah ditemukan, manfaat buah jeruk manis ternyata sangat mengagumkan. Hanya dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur, anda bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat, fit, dan bahkan mampu mencegah munculnya penyakit berbahaya. 
Mulai sekarang, jangan ragu untuk membuat minuman segar dari jeruk manis atau memakannya secara langsung. Produk kesehatan seperti multivitamin juga bisa anda coba untuk mendapatkan asupan zat gizi yang berguna bagi kesehatan.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami :)
Re-writter:  Ari Suryati
Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui email:  care@dluha.com


Layanan Pemulihan Data, Service HardDisk, Data Recovery, Servis Hardisk, Recovery Data, Servis Hard Disk, Recovery Data Kota Bengkulu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar