Senin, 02 Januari 2017

Sikap Nggak Enakan Berbuah Nggak Enak

Kerap kali kita mengorbankan diri karena perasaan nggak enak terhadap orang lain atau sebuah situasi dan kondisi. Seseorang mencontohkannya saat ia telah membeli tiket konser jazz goes to campus sebanyak 10 yang satu bulan sebelumnya telah dipesan. Namun sangat disayangkan, saat hari H mereka pun gagal menonton dikarenakan sikap nggak enakan. Waktu itu ia menemani teman dekatnya menghadiri acara di puncak yang pada awalnya ia pikir akan pulang lebih awal. Namun pada kenyataannya berbeda, kakak teman dekatnya itu menahan-nahan mereka untuk pulang dengan alasan kekurangan mobil dan mengiming-imingi akan pulang dzhuhur. Ketika ia sulit mengatakan "tidak" kepada kakak teman dekatnya itu, sikap ngaak enakan menguasai dirinya. Alhasil sampai jam 5 sore mereka tidak jadi berangkat untuk menonton dan 10 tiket itupun hangus.



Kejadian seperti itu merupakan satu dari seribu yang mewakilkan sikap nggak enakan. Sebenarnya sikap nggak enakan atau tidak berprinsip? Jika kita memiliki prinsip untuk menjalankan kehidupan kita akan mempertahankan apa yang menjadi kebutuhan kita. Prinsip menjadi bagian dari sikap dan kepribadian seseorang. Ketika prinsip itu dilanggar timbul rasa kebimbangan, perasaan bersalah pada diri sendiri. Jika memang kejujuran, keadilan, disiplin dan lain sebagainya adalah betul menjadi prinsip hidup kita dan kita sendiri tidak memiliki keberanian untuk mempertahankannya, maka nilai-nilai itu bukanlah sebuah prinsip tetapi hanyalah tujuan hidup yang tidak cukup suci. Jadi, apakah kita betul-betul nggak enakan atau memang orang yang tidak berprinsip? Silahkan tanyakan pada diri kita sendiri. "Apa sih hal-hal yang akan membuat kita berani berjuang untuk mempertahankannya?"


Hanya Orang Gak Enakkan yang Paham Lika-Liku Hidup Macam Ini

Setiap orang tentu memiliki sifat berbeda-beda. Ada orang yang pendiam, ada pula yang cerewet. Ada orang yang bisa dengan mudahnya mengutarakan pendapat, ada juga yang punya sifat gak enakkan. Biasanya orang dengan sifat gak enakkan cenderung enggan mengutarakan isi pikirannya.

Bukan karena takut, hanya saja orang-orang seperti ini memang paling gak mau kalau nanti omongannya justru menyakiti perasaan orang lain. Selain enggan mengutarakan pendapat, ini dia perasaan lainnya yang juga dimiliki oleh mereka yang punya sifat gak enakkan:

1. Paling susah bilang kata “enggak” ke orang lain. Kami paling gak tega melihat raut wajah kecewa karena penolakan kita.

2. Berdebat adalah hal yang paling kami hindari. Mendengar suara tinggi itu bikin hati kami ciut sendiri.

3. Sebisa mungkin selalu berusaha menyenangkan hati orang lain, meskipun kadang hal itu gak bikin hati gembira.

4. Menjaga perasaan orang lain selalu jadi prioritas kami. Ya walau kadang sering sih jadi makan hati sendiri.

5. Kalau bisa, semua hal inginnya dikerjakan sendiri. Bukannya sok jago, kami suka gak enak kalau harus merepotkan orang lain.

6. Ketika bicara kita akan dengan seksama memerhatikan ekspresi orang. Radar kami dengan cepat menangkap kalau-kalau ada raut tidak suka di wajah kalian.

7. Kami akan selalu berusaha terlihat happy. Buat orang seperti kami, masalah biarlah ditanggung sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar