Kamis, 19 Februari 2015

Kapan Ke Jogja Lagi

Kapan Ke Jogja Lagi?


Inilah 12 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Tempat Wisata di Jogja
Sejumlah tempat wisata di Jogja adalah destinasi favorit yang ada dalam daftar  tempat wisata di Indonesia, terkenal di kalangan domestik hingga para turis mancanegara. Jogja adalah daerah wisata dengan pelbagai keunikan dan kekayaan budaya yang mempesona. Selain itu, wilayah yang dipimpin oleh seorang sultan tersebut juga memiliki keindahan alam yang memikat serta kehidupan masyarakat lokal yang unik.
Di Jogja, Anda dapat menjumpai dua landmark yang telah dinyatakan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia, yakni Borobudur dan Prambanan. Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia. Sementara Candi Prambananadalah candi Hindu termegah yang ada di Indonesia, merupakan yang terbesar pula di kawasan Asia Tenggara.
Pesona tempat wisata di Jogja bahkan dapat Anda temui dengan pengalaman wisata belanja dan mencicipi aneka kuliner Jogja yang memikat. Membeli beberapa oleh-oleh khas Jogja adalah salah satu kegiatan yang lazim dilakukan wisatawan yang pernah menginjakkan kaki di kota yang disebut juga sebagai Kota Pelajar ini. Statistik kepariwisataan Jogja membuktikan bahwa pertumbuhan kunjungan wisata ke Jogja mengalami pertumbuhan rata-rata setiap tahun sebesar 5.8% sepanjang 2005 – 2012. Kunjungan wisata Jogja di tahun 2012 mencatatkan angka 3.4 juta turis domestik dan 148 ribu turis mancanegara.

Tempat Wisata di Jogja

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Jogja yang paling terkenal dan merupakan destinasi wisata Jogja yang menarik untuk dikunjungi.
Candi Prambanan di Jogja
Candi Prambanan di Jogja

1. Candi Prambanan

Inilah candi Hindu terbesar di kawasan Asia Tenggara, berketinggian 47 meter dan telah dinyatakan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Inilah pula candi Hindu paling megah yang ada di Indonesia. Candi Prambanan ini terletak di perbatasan antara 2 provinsi, yakni Jogjakarta dan Jawa Tengah. Objek wisata Jogja ini memiliki panorama nan memikat, sungguh eksotik di kala senja tatkala cahaya matahari menyinari bangunan candi dengan gradasinya yang mempesona. Dari dekat, Anda dapat menyaksikan pemandangan arsitektur dan desain candi yang begitu indah.
Candi Prambanan adalah sebuah tempat wisata di Jogja dengan riwayat yang tua. Letak posisi candi Jogja yang satu ini dengan Candi Borobudur tidaklah berjauhan, hal ini memberikan pesan kuat bahwa sejak dahulu kala telah terjadi keharmonisan antar pemeluk agama Buddha dan Hindu di tanah Jawa.
Sejarah Candi Prambanan dimulai pada tahun 850 Masehi, pertama kali dibangun oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Syailendra yang berkuasa pada ketika itu. Berdasarkan Prasasti Shivagrha yang berangka tahun 856 Masehi, candi di Jogja yang satu ini dibangun untuk menghormati Dewa Siwa. Masih berdasarkan prasasti, Candi Prambanan pada awalnya dinamakan Shiva-grha, yang artinya Rumah Siwa, dan selanjutnya disebut pula sebagai Shiva-laya, yang berarti Kerajaan Siwa.
Di kawasan wisata candi Jogja ini, terdapat kompleks besar bangunan candi yang menunjukkan bahwa Candi Prambanan adalah pusat kegiatan pemujaan dan acara keagamaan. Penemuan reruntuhan Candi Boko yang terletak hanya 5 km arah selatan dari lokasi Candi Prambanan menegaskan bahwa kawasan sekitar candi adalah pusat pemerintahan kerajaan Mataram Hindu dari Dinasti Sanjaya. Perlu diketahui, Candi Boko adalah bekas kompleks istana Kerajaan Mataram Hindu pada masa itu menurut bukti-bukti sejarah dan merupakan pusat pemerintahan.
Rasa hormat yang besar dari masyarakat lokal terhadap candi ini memunculkan legenda Roro Jonggrang yang terkenal itu.
Alamat Candi Prambanan: Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta | (0274) 496401
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.751919,110.492006
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

2. Pantai Parangtritis

Berjarak sekitar 28 km dari pusat kota Jogja, Pantai Parangtritis adalah pantai di Jogja dengan deburan ombak yang cukup besar, memiliki tebing batu yang menjulang tinggi dan berhampar pasir vulkanis hitam yang kemilau tatkala diterpa sinar matahari.
Menurut kisah dan keyakinan masyarakat lokal, pantai Jogja yang satu ini adalah juga tempat yang anggap suci atau keramat. Berdasarkan legenda, pantai ini adalah kediaman Kanjeng Ratu Kidul, penguasa Pantai Selatan yang terkenal dengan pakaiannya yang berwarna hijau. Oleh sebab itu, pengunjung pantai dilarang menggunakan pakaian warna hijau ketika berada di kawasan pantai Parangtritis ini.
Gemuruh ombak dan udara pantai yang sejuk adalah daya pikat yang ada di tempat wisata Jogja yang satu ini. Beberapa bukit hijau nan subur adalah suguhan panorma yang menambah daya pikat pantai Parangtritis. Jika suka, Anda dapat pergi ke Parangwedang, sebuah tempat sumber air panas di Jogja dan Anda dapat merendam tubuh untuk mendapatkan kesegaran. Selain itu, bersantai di gubug yang berjejer di pinggir pantai adalah pengalaman menarik tatkala menikmati wisata pantai di Jogja yang satu ini.
Alamat Pantai Parangtritis: Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.0207581,110.3124376
Resor Kaliurang
Resor Kaliurang

3. Resor Kaliurang

Inilah suguhan pemandangan hijau nan memikat dengan udara yang begitu sejuk di Jogja. Wisata Kaliurangadalah salah satu tempat terbaik untuk melepaskan diri dari keramaian kota dan ragam aktivitas sehari-hari. Berada di dataran tinggi dengan ketinggian 900 m dpl, udara sejuk sungguh menyegarkan bagi tubuh.
Salah tempat wisata di Jogja ini menawarkan sejumlah kegiatan wisata menarik, di antaranya berenang, berjalan-jalan, dan bersantai. Tempat terbaik untuk berenang adalah air terjun Telogo Muncar dan kolam renangnya. Menyusuri setiap sisi resor Kaliurang ini adalah pengalaman wisata menarik yang dapat Anda temukan. Bagi para pecinta gunung, resor ini adalah juga tempat menginap bagi mereka yang ingin medaki ke Gunung Merapi.
Alamat Resor Kaliurang: Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.596794,110.426213
Malioboro Jogja
Malioboro Jogja

4. Malioboro

Inilah jalan di Jogja yang menjadi salah satu pilihan favorit para penikmat perjalanan untuk menghabiskan waktu di Jogja. Di sepanjang jalan Malioboro, Anda dapat berbelanja ria dan mendapatkan salah satu barang unik khas Jogja. Jika suka, Anda bahkan dapat menyusuri toko-toko yang ada di pasar Beringharjo saat siang hari. Kawasan Malioboro ini adalah salah satu tujuan wisata belanja Jogjakarta yang terkenal.
Tahukah Anda, Jalan Malioboro awalnya digunakan sebagai rute upacara dan membentuk sebuah garis lurus jika ditarik dari Keraton Yogyakarta ke Gunung Merapi.
Di Malioboro, Anda bahkan dapat menikmati sajian kuliner atau menyantap hidangan di lesehan. Di malam hari, kuliner angkringan Jogja dapat Anda nikmati di kawasan ini. Malioboro adalah destinasi favorit di Jogja, yang bahkan hanya dengan duduk bersantai di depan Monumen Serangan 11 Maret, Anda dapat menikmati suasana Malioboro yang memikat.
Alamat Malioboro: Jl. Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.7935099,110.3656956
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah contoh terbaik karya arsitektur tradisional Jawa yang paling menarik. Keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790. Inilah pusat kegiatan kesultanan di Jogja. Sultan Yogya adalah gubernur di provinsi Yogyakarta, sekaligus pula adalah kepala budaya di Jogja yang dihormati dan dicintai oleh seluruh masyarakat Jogja.
Berjalan-jalan di sekitar istana dan menelusuri setiap detail kecil di kompleks kerajaan adalah cara terbaik menikmati salah satu tempat wisata di Jogja ini. Salah satu bangunan yang paling mengesankan di Keraton Yogyakarta adalah Bangsal Kencono, yakni sebuah “paviliun bertahtakan emas”. Bangunan megah ini merupakan contoh kesenian Jawa yang mencerminkan keragaman agama dan budaya daerah. Anda tidak akan menemukan penjaga militer di dalam kompleks keraton ini karena diyakini wilayah keraton dilindungi oleh kekuatan makhluk halus.
Alamat Keraton Yogyakarta: Jl. Alun-Alun Utara, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.805284,110.364203
Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo

6. Museum Sonobudoyo

Inilah museum di Jogja yang menyuguhkan Anda akan sejarah, budaya, dan arsitektur bangunan Jawa yang mengagumkan. Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII pada tahun 1935, Museum Sonobudoyo adalah rumah koleksi budaya dan sejarah Jawa yang paling lengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.
Museum Sonobudoyo terbuka bagi umum, mulai dari pukul 8 pagi hingga 2 sore. Pada hari senin, hari libur, dan hari besar akan tutup untuk kunjungan publik. Untuk dapat masuk ke tempat wisata Jogja yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Museum Sonobudoyo sebesar Rp 3 ribu per orang (dewasa) dan Rp 2.500 per orang (anak-anak). Untuk turis asing, harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang.
Di museum ini, Anda dapat menyaksikan pertunjukkan wayang kulit (dengan menggunakan bahasa Jawa diiringi dengan musik gamelan Jawa) mulai dari pukul 20.00 hingga 22.00 di malam hari. Untuk menonton, Anda harus membayar tiket pertunjukan wayang sebesar Rp 20 ribu per orang.
Alamat Museum Sonobudoyo: Jl. Trikora No. 6, Pendowoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -7.802306,110.363902
Candi Plaosan
Candi Plaosan

7. Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak dekat dengan Candi Prambanan, memiliki pesona unik di antara sejumlah tempat wisata candi di Jogja. Candi Plaosan ini dibangun oleh Rakai Panangkaran, salah seorang raja dari Dinasti Syailendra, yang juga mendirikan Candi Borobudur dan Candi Sewu. Candi ini disebut juga candi kembar, terbagi atas dua bagian, yakni Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor. Letak keduanya saling berdekatan, hanya berjarak sekitar 100 meter.
Dari corak bangunan candi, diketahui bahwa tempat wisata di Jogja yang satu ini adalah perpaduan antara dua kebudayaan, yaitu Hindu dan Buddha. Menurut keyakinan masyarakat lokal, Candi Plaosan ini memiliki kekuatan cinta kasih antara Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani. Oleh karenanya, diyakini akan mendatangkan berkah bagi pasangan pria dan wanita. Itulah sebab objek wisata candi ini cukup populer bagi pasangan suami istri yang ingin dikaruniai kelahiran seorang anak.
Alamat Candi Plaosan: Kokosan, Prambanan, Jawa Tengah
Peta Lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -7.740434,110.504547
Pantai Baron
Pantai Baron

8. Pantai Baron

Pantai yang berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Jogja ini memiliki pesona panorama yang indah dan adalah tempat bagi Anda yang ingin menyantap aneka hidangan laut. Pantai Baron ini sesungguhnya adalah sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapitnya di sisi kiri dan kanannya.
Daya pikat objek wisata pantai Jogja yang satu ini adalah pada sajian kuliner laut yang lezat. Anda dapat mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, hingga tongkol. Pantai Baron adalah juga dermaga bagi para nelayan, Anda akan menjumpai adanya pelelangan ikan di kawasan pantai ini.
Alamat Pantai Baron: Kanigoro, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -8.128825,110.548776
Kota Gede
Kota Gede

9. Kota Gede

Di sinilah tempat Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram baru mendirikan istananya pada tahun 1575. Dari garis keturunannya, Panembahan Senopati adalah keturunan langsung dari penguasa Mataram kuno yang membangun Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
Kota Gede adalah tempat wisata di Jogja yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati wisata dengan berjalan kaki. Di daerah ini, Anda dapat menjumpai toko-toko perak tradisional dan rumah berubin mosaik berjajar di tepi jalan, dahulu rumah-rumah ini merupakan rumah para bangsawan dan pedagang kerajaan. Anda dapat melihat-lihat dan membeli kerajinan perak buatan tangan yang menarik dari tempat ini.
Saat ini, kawasan Kota Gede adalah pusat industri perak di Yogyakarta. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi sebuah situs kuno yang merupakan tempat pemakaman anggota kerajaan di Kota Gede ini. Hanya saja, Anda harus memakai pakaian Jawa yang dapat disewa di pos pendaftaran sebab makam raja-raja Mataram yang ada di tempat ini dianggap suci.
Alamat Kota Gede: Kota Gede, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -7.828262,110.39986
Goa Selarong Jogja
Goa Selarong Jogja

10. Goa Selarong

Tempat wisata Jogja yang satu ini dikenal pula sebagai tempat wisata religius di Jogja. Banyak pengunjung datang ke Goa Selarong untuk melakukan meditasi dan aneka ritual lainnya. Goa Selarong adalah tempat di mana perjuangan Pangeran Diponegoro berpusat, yang menjadi markas gerilya dalam peperangan melawan penjajahan Belanda.
Bagi sebagian kalangan, goa ini dianggap memiliki nilai mistik dan mengandung misteri. Untuk dapat menikmati wisata di Goa Selarong, Anda dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika membawa kendaraan, maka Anda juga harus membayar biaya parkir. Fasilitas publik yang tersedia di tempat wisata Goa Selarong di antaranya adalah toilet umum, tempat ibadah, sarana bermain, gardu pandang, pendopo untuk beristirahat, dan bahkan dapat dijadikan sebagai bumi perkemahan jika Anda suka.
Alamat Goa Selarong: Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -7.865632,110.313009
Goa Jomblang
Goa Jomblang

11. Goa Jomblang

Goa yang terletak di Desa Jetis Wetan, Kecataman Semanu, Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki pesona wisata goa yang disebut sebagai “Cahaya Surgawi”. Jika Anda menyusuri hingga ke dasar goa, Anda akan menemukan sebuah lorong alami yang merupakan penghubung antara Goa Jomblang dan Goa Grubug.
Di sinilah Anda dapat menyaksikan stalagmit hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, menghadirkan sebuah pemandanganwisata goa nan memukau yang menerangi stalaktit dan stalagmit sehingga lantai gua begitu indah, dan sebagian orang menyebutnya sebagai Cahaya Surgawi.
Alamat Goa Jomblang: Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -8.028667,110.638361
Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta

12. Taman Pintar Yogyakarta

Berada di pusat kota Jogja, Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah  laboratorium dengan kemasan rekreasi yang sangat bermanfaat bagi para pelajar. Inilah tempat di mana para siswa dapat secara bebas dan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung.
Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi rombongan pelajar. Tersedia berbagai fasilitas penunjang, diantaranya adalah food court, ruang audiovisual, area bermain (playground), dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).
Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Taman Pintar Yogyakarta ini sebesar Rp 15 ribu per orang (dewasa), Rp 8 ribu per orang (anak-anak), dan Rp 15 ribu per orang (bagi yang ingin ke planetarium).
Alamat Taman Pintar Yogyakarta: Jalan Senopati No.1-3, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta | (0274) 583631
Peta Lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -7.80073,110.367735

20 Surga Tersembunyi di Yogyakarta yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu Selanjutnya

Potensi pariwisata di Yogyakarta memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Nama Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, dan kawasan Malioboro tentu sudah akrab di telingamu bukan? Dengan potensi wisata yang hampir setara indahnya di berbagai lini — mulai dari kawasan belanja, wisata budaya, hingga keindahan lautnya, tak heran jika Yogyakarta menjadi destinasi favorit dari ribuan turis yang berdatangan setiap tahunnya.
Tapi, jika digali lebih lanjut, sebenarnya masih banyak potensi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang menarik tapi belum terlalu diketahui orang. Mana aja sih destinasi liburan yang gak mainstream di Jogja? Di artikel iniHipwee kumpulkan sebagian di antaranya khusus untukmu.


1. Awali perjalananmu dengan berburu matahari terbit di Puncak Suroloyo.

Pemandangan di Puncak Suroloyo
Pemandangan di Puncak Suroloyo via solehudin91.blogspot.com
Gak perlu jauh-jauh mendaki gunung buat menikmati matahari terbit di atas awan. Puncak Suroloyo yang terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY, ini menawarkan pesona matahari terbit dengan hamparan awan yang gak kalah keren dari gunung-gunung yang terkenal di Yogyakarta. Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, kamu bisa memandang empat gunung—Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro—serta Candi Borobudur yang kadang tertutup kabut dari kejauhan.
Mendapatkan pemandangan indah di Puncak Suroloyu tentu bukan tanpa usaha. Kamu mesti menapaki sekitar 290 anak tangga untuk sampai ke puncaknya. Oh iya, menurut legenda, tempat ini dulunya merupakan lokasi di mana Raden Mas Rangsang mendapatkan wangsit untuk melakukan tapa kesatriyan. Raden Mas Rangsang tak lain adalah Sultan Agung Hanyakrakusuma, orang yang menjadi penguasa tanah Jawa.


2. Nikmati indahnya pantulan senja dari Permukaan Waduk Sermo di Kalibiru, Kulon Progo.

Kalibiru dengan latar Waduk Sermo.
Kalibiru dengan latar Waduk Sermo. via twitter.com
Masih di kawasan Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, ada satu tempat indah yang sangat cocok untuk menikmati tenggelamnya senja. Kalibiru adalah nama sebuah desa sekaligus hutan wisata yang terletak di kecamatan Kokap, Kulonprogo. Karena kepedulian warga dalam menjaga salah satu sumber penghidupan mereka, Kalibiru menjadi lokasi ekowisata menarik yang terpelihara dengan baik.
Di tempat ini, kamu bisa menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau. Untuk menyambangi Kalibiru, kamu hanya dikenai tarif 3 ribu rupiah saja. Ada tempat yang asyik buat berfoto di sini, yaitu sebuah platform kecil dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Untuk naik ke atasnya, kamu mesti mendaki tangga bambu. Dari sini, Waduk Sermo tampak jelas di kejauhan. Tunggulah sampai senja tiba dan memantulkan cahaya keemasan di permukaan waduk.


3. Temukan romantisme senja yang manis berbalut kesempatan memacu adrenalin di Bukit Parang Endog.

Pemandangan dari Bukit Parang Endog
Pemandangan dari Bukit Parang Endog via diasporaiqbal.blogspot.com
Pantai Parangtritis yang terletak di Bantul, tepatnya 27 km selatan kota Yogyakarta memang sangat terkenal. Tapi, kita gak akan membahas pantai ini. Di ujung timur Pantai Parangtritis, ada tempat keren yang biasa digunakan sebagai landasan pacu olahraga paralayang, bernama Bukit Parang Endog.
Jika kamu tertarik untuk mencoba olahraga paralayang ini, kamu bisa melakukan paralayang tandem bersama pilot berpengalaman dengan membayar sekitar 300 ribu sekali terbang. Tapi kalau enggak, tempat ini juga asyik untuk nongkrong. Dari atas bukit kamu bisa melihat keelokan Pantai Parangtritis dari ketinggian. Pemandangan sunset dari atas sini juga keren, lho!


4. Jangan lupa naik ke kaki Gunung Merapi. Kamu bisa melihat ketangguhan warga Jogja dalam menghadapi bencana di Museum Sisa Hartaku.

Museum Sisa Hartaku
Museum Sisa Hartaku via intisari-online.com
Erupsi Merapi pada akhir 2010 lalu masih menyematkan kenangan pilu di benak penduduk Desa Kepuharjo yang terletak di lereng gunung berapi paling aktif ini. Tapi, alih-alih terus meratap, Pak Riyanto mengubah sisa-sisa harta bendanya menjadi sebuah museum mungil yang menarik.
Museum Sisa Hartaku memamerkan benda-benda yang tersisa dari sergapan wedhus gembel yang ditata di puing-puing rumah Pak Riyanto. Meski sederhana, tempat ini sarat makna; ia memamerkan saksi-saksi kedahsyatan semburan awan panas yang panasnya mencapai ribuan derajat. Ada bangkai sapi yang tinggal belulang, bangkai sepeda motor, gamelan yang tampak terbakar, serta sejumlah perkakas lainnya.


5. Jajal cave tubing di Kalisuci. Ini kesempatanmu meluncur bebas menyelami indahnya perut bumi.

Cave tubing di Kalisuci
Cave tubing di Kalisuci via beautifultraveling.wordpress.com
Cave tubing adalah kegiatan susur goa menggunakan ban dalam atau body raftingmelewati sungai yang terletak di dalam bumi. Belakangan ini, yang sedang naik daun adalah aktivitas cave tubing  di Goa Pindul, Gunung Kidul, DIY; tempat itu selalu dipadati wisatawan. Tapi, sebenarnya ada satu lagi lokasi cave tubing yang gak kalah seru, yaitu Kalisuci,
Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Disebut Kalisuci karena di sini terdapat mata air—letaknya di atas aliran sungai—yang sangat jernih dan tetap jernih meskipun air sungai mengeruh ketika musim hujan. Dengan membayar retibusi sebesar 5 ribu dan paket cave tubing sebesar 70 ribu, kamu sudah bisa menikmati petualangan menyusuri sungai di perut bumi.


6. Datangilah Candi Sambisari di Dusun Purwomartani. Tempatmu bisa napak tilas jejak peradaban Hindu Kuno yang tersohor

Candi Sambisari
Candi Sambisari via nda90history.blogspot.com
Jika kamu berkunjung ke Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY, sempatkan untuk mampir ke Dusun Sambisari yang terletak di Kelurahan Purwomartani. Ada sebuah candi Hindu kecil yang dinamai Candi Sambisari. Candi ini ditemukan oleh seorang petani pada tahun 1966 di areal yang awalnya merupakan persawahan. Para ahli purbakala membutuhkan waktu 21 tahun untuk menyusun kembali batu-batu candi ini.
Yang unik, kompleks candi ini berada 6,5 meter lebih rendah dibanding tanah di sekelilingnya. Candi ini gak memiliki banyak relief atau hiasan, tapi kamu bisa melihat patung Dewi Durga, istri Dewa Siwa. Berhadapan dengan candi utama, ada tiga candi pendamping yang tidak lagi utuh. Gak ada salahnya mencoba mengunjungi situs purbakala yang cantik ini, apalagi masuknya kamu gak dipungut biaya, lho.


7. Tenangkan pikiranmu dalam kedamaian alam khas pedesaan di Curug Indah Tegalrejo, Gunung Kidul.

Curug Indah Tegalrejo
Curug Indah Tegalrejo via twitter.com
Secara administratif. Curug Indah Tegalrejo ini terletak di Tegalrejo, ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Tapi, masyarakat setempat juga menyebutnya Curug Bayat, karena lokasinya yang berbatasan dengan daerah Bayat, Klaten. Untuk akses menuju ke tempat ini, memang jauh lebih cepat jika kamu melewati Klaten lalu belok ke selatan menuju Bayat. Dari Yogyakarta, kamu bisa sampai ke Curug Indah Tegalrejo dalam jangka waktu 1 jam, dengan menggunakan motor atau mobil.
Curug yang masih relatif minim pengunjung ini terdiri dari beberapa curug yang bertingkat dan dinaungi pepohonan hijau di kanan kirinya. Kalau kamu punya nyali, kamu bisa mencoba terjun dari atas tebing ke curug di bawahnya. Tapi hati-hati, karena curugnya cukup dangkal. Salah-salah kamu malah bisa cidera saat berlibur.
Untuk datang ke curug ini, kamu hanya dipungut biaya parkir yang dikelola oleh warga sekitar. Di Curug Indah Tegalrejo suasana asri khas pedesaan akan terasa sangat kental.Kamu tidak akan sering bertemu sesama turis di sini. Justru warga sekitar dan anak-anak sekolah yang sengaja mampir untuk menyegarkan badan dengan air dari sumber mata air murni lah yang lebih sering kamu jumpai. Damai, tenang, dan tradisional. Begitulah gambaran Curug Indah Tegalrejo.


8. Nikmati surga tersembunyi yang kini sudah mulai banyak dikunjungi di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal dengan pohon
Pantai Pok Tunggal dengan pohon durasnya. via deeluxz.blogspot.com
Gunung Kidul terkenal dengan sejumlah pantainya yang berpasir putih. Tapi, ada sebuah pantai yang unik karena tersembunyi di antara tebing-tebing karang yang terjal. Pok Tunggal, namanya.
Untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal, kamu bisa menggunakan kendaraan atau trekking dari sisi timur Pantai Indrayanti. Di sini, terdapat sebuah pohon Duras yang menjadi ikon pantai ini. Nama Pok Tunggal pun berasal dari keberadaan Pohon Duras yang jadi vegetasi satu-satunya di sini. Pohon Duras tersebut hanya memiliki satu dasar pohon (pok), sehingga membuat penduduk sekitar menamai pantai yang ada di dekatnya dengan Pok Tunggal.
Beberapa tahun lalu, Pantai Pok Tunggal masih sangat sepi. Hampir tidak ada wisatawan yang datang ke sini. Namun kini, Pok Tunggal sudah mulai dikenal. Kalau ingin merasa pantai ini seperti pantai pribadi, jangan berkunjung ke sini saat akhir pekan — melainkan datanglah di hari kerja. Oh iya, jangan juga asal memanjat Pohon Duras yang jadi ikon pantai ini, ya. Pohon ini amat berharga maknanya bagi penduduk sekitar.


9. Jogja punya Goa Jomblang. Tempatmu bisa menilik setitik cahaya surga walaupun masih jadi manusia.

Cahaya di Goa jomblang
Cahaya di Goa jomblang via www.n-journal.com
Kalau kamu tertarik dengan wisata goa, kamu gak boleh melewatkan Goa Jomblang. Goa yang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul ini merupakan goa vertikal yang menyimpan keunikan yang gak biasa. Untuk mencapai dasar goa kamu harus menggunakan peralatan khusus yang standar keamanannya terjaga dan didampingi oleh pemandu. Biaya wisata ke Goa Jomblang cukup mahal, sekitar Rp 450.000,00 untuk 2 orang.
Bagi yang enggan mengeluarkan uang lebih untuk menyewa alat atau sudah punya alat sendiri, ada baiknya kamu melancarkan teknik single rope dulu sebelum berkunjung ke sini. Sebab turunan yang harus kamu lalui untuk masuk ke gua cukup ekstrim.
Waktu yang paling baik untuk mengunjungi goa ini adalah sekitar pukul 10.00-12.00, karena posisi matahari sedang tinggi sehingga kamu bisa melihat ‘cahaya surga’. Di dalam goa ini juga terdapat hutan purba yang memiliki vegetasi unik. Keindahan goa ini dijamin bikin kamu terkagum-kagum. Cuma di Goa Jomblang kamu bisa merasakan sekelumit sensasi surga walau masih berstatus sebagai manusia.


10. Jika kamu merasa Jogja terlalu terik, berbeloklah ke daerah selatan. Ada Hutan Pinus Mangunan di Dlingo, Bantul.

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan via alamkuindahsekali.blogspot.com
Jogja sekarang kok rasanya makin panas, ya? Nah, hutan pinus Mangunan ini cocok banget buat kamu yang ingin melarikan diri sejenak dari teriknya matahari Yogyakarta. Terletak di daerah perbukitan di daerah Dlingo, Bantul, hutan ini menawarkan kesejukan serta pemandangan yang jarang kamu temukan di tempat lain. Makanya, tempat ini sering dijadikan lokasi pemotretan atau sekadar hunting foto. Puas berfoto, kamu juga bisa meneruskan perjalanan ke kebun buah Mangunan yang letaknya tak jauh dari sini.


11. Sesapi sejuknya Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul.

Sesapi sejuknya Sri Gethuk
Sesapi sejuknya Sri Gethuk via marlindwinastiti.wordpress.com
Pesona Gunung Kidul memang luar biasa. Siapa sangka di daerah kering ini ada air terjun yang sangat indah? Air terjun Sri Gethuk terletak di ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan. Di antara tebing-tebing karst, air terjun Sri Gethuk mengalir tanpa henti. Di bawahnya, terdapat bebatuan yang membentuk undak-undakan, menambah kesan unik dan mewah dari tempat ini.
Konon, tempat ini merupakan tempat penyimpanan kethuk atau instrumen gamelam milik Jin Anggo Meduro, makanya tempat ini dinamakan Sri Gethuk. Agar bisa menikmati tempat ini, kamu cukup membayar 35 ribu rupiah yang sekaligus menjadi tiket terusan ke Goa Rancang Kencono.


12. Buat kamu yang suka olah raga, coba deh menjajal pengalaman lain dengan panjat tebing di Pantai Siung

Jajal juga panjat tebing di Pantai Siung
Jajal juga panjat tebing di Pantai Siung via usemayjourney.wordpress.com
Tebing-tebing curam yang mengelilingi Pantai Siung menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini. Bagi pecinta olahraga panjat tebing, Pantai Siung itu surga. Tak heran, karena tebing-tebing ini dimanfaatkan menjadi jalur panjat tebing yang cukup dikenal. Di pantai ini, ada sekitar 250 jalur panjat tebing yang bisa kamu jajal. Gak hanya itu, dari salah satu puncak tebing, kamu bisa melihat panorama Pantai Siung dengan laut menghampar di kejauhan.


13. Saat malam tiba, nikmati pendar lampu kota Jogja dari atas Bukit Bintang.

Nikmati pendar city light Jogja dari Bukit Bintang
Nikmati pendar city light Jogja dari Bukit Bintang via www.kaskus.co.id
Jika kamu tertarik dengan pemandangan lampu kota Jogja di malam hari, ada tempat sempurna buat kamu singgahi. Terletak di Jalan Jogja–Wonosari, tepatnya di Bukit Pathuk, Gunung Kidul, kamu bisa melihat panorama kota Yogyakarta di malam hari dari ketinggian 150 meter. Di tempat ini, berjajar sejumlah warung makan di tepi jurang yang menawarkan aneka makanan dengan harga ringan.
Sembari menikmati jagung bakar dan segelas minuman hangat, kamu akan dimanjakan oleh lampu kota Jogja yang berpendar dengan manisnya dari bawah sana. Datanglah ke Bukit Bintang di awal senja, bawalah orang yang kamu cinta. Kemudian nikmati kerlap-kerlip lampu kota yang mulai menyala bersama. Ah, surga ternyata sangat sederhana…..


14. Rasakan sensasi sandboarding di gumuk pasir Parangkusumo. Untuk menjajal gumuk pasir, kamu bisa ke Jogja atau harus melancong jauh ke Meksiko.

Sandboarding di Yogyakarta
Sandboarding di Yogyakarta via travel.detik.com
Meluncur dengan snowboard di Jogja mungkin adalah hal yang mustahil. Tapi, Jogja punya wilayah gumuk pasir satu-satunya di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk olahraga sandboarding. Letaknya di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Asal kamu tahu, lahan gumuk pasir cuma ada dua di dunia. Satu lagi terdapat di Meksiko.
Di gumuk pasir ini, kamu bisa menjajal serunya menuruni bukit dengan papan luncur. Jangan mengira ini mudah lho. Kamu harus bisa menjaga keseimbangan kalo gak mau tergelincir konyol. Gak usah takut duluan, olahraga ini aman kok dimainkan pemula.


15. Mau adu nyali? Coba naik gondola tradisional di Pantai Timang.

Gondola di Pantai Timang
Gondola di Pantai Timang via www.panduanwisatajogja.com
Satu lagi pantai di Gunung Kidul yang wajib kamu sambangi karena keunikannya. Sekilas, Pantai Timang serupa dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Yang menarik, di atas tebing ada gondola tradisional yang dikaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang. Gondola ini digunakan nelayan untuk berburu lobster yang ada di pulau karang bernama Pulau Panjang di seberang pantai.
Kamu pun bisa mencoba menaiki gondola kayu ini menyeberangi ganasnya ombak di bawahnya sambil menantang maut. Setelah sampai di atas karang, kamu bisa melihat kumpulan nelayan lobster yang sedang sibuk dengan jalanya masing-masing.
Tapi jangan khawatir dengan keamanan gondola ini. Pihak pengelola rutin melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kelayakan gondola. Jika kamu berniat menjajal sensasi gondola tradisional Pantai Timang, kamu pun wajib konfirmasi dulu pada pihak pengelola minimal 1 hari sebelumnya. Nah, gimana, berani?


16. Buat kamu yang suka seni, Jogja menawarkan kesempatan untuk menyelami karya-karya abadi pelukis Affandi.

Salah satu sudut museum Affandi
Salah satu sudut museum Affandi via www.affandi.org
Bagi kamu yang punya ketertarikan dengan karya seni, wajib menyambangi tempat yang satu ini. Di Museum Affandi inilah, dipajang ratusan koleksi lukisan karya Affandi semasa hidupnya. Museum ini gak jauh dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto 167, terletak di pinggir Kali Gajah Wong.
Selain galeri lukisan, museum ini juga memajang barang-barang koleksi pribadi milik Affandi. Untuk memasuki museum Affandi, kamu cukup membayar 20 ribu saja. Harga yang sebenarnya jauh sangat murah jika dibandingkan dengan kepiawaian Affandi menghasilkan mahakarya abadinya.


17. Jelajah bantaran Kali Code sembari bertegur sapa dengan warganya. Di sini kamu akan menemukan sisi lain kota Jogja.

Bantaran Kali Code yang kini terus berbenah
Bantaran Kali Code yang kini terus berbenah via oktavianiheni.blogspot.com
Dari kaki Gunung Merapi, Kali Code membelah Yogyakarta sampai bermuara di pantai selatan. Tentu gampang banget menjumpai aliran sungai ini saat kamu berkeliling Jogja. Tapi, gak banyak yang tahu kalau Kali Code kini juga menjadi destinasi wisata alternatif yang cukup menarik.
Kawasan Code sempat menjadi daerah kumuh yang tidak layak huni. Namun, atas inisiatif Almarhum Romo Mangun, Code dibangun menjadi kawasan bantaran sungai yang tertata dan layak ditinggali. Bahkan kini setiap tahun digelar Festival Kali Bersih yang jadi pertanda bahwa Code akan tetap terus berbenah sampai kapan pun.
Kalau sudah bosan berputar-putar di destinasi wisata yang itu-itu saja, coba deh susuri aliran Kali Code melewati perkampungan warga yang berada di bantaran sungai. Akses jalan sepanjang Kali Code bisa kamu manfaatkan buat jogging atau wisata susur sungai. Kalau mau melihat wajah lain dari Code, Kampung Wisata Jetisharjo yang berada di Jalan Sarjito bisa jadi tujuan kamu selanjutnya.


18. Mengenal proses pembuatan gula di Pabrik Gula Madukismo.

Pabrik Gula Madukismo
Pabrik Gula Madukismo via agnazgeograph.wordpress.com
Tertarik dengan wisata agro industri? Kalau begitu, jangan lupa sambangi Pabrik Gula Madukismo yang berada di Kasihan, Bantul. Setiap musim giling—biasanya pada bulan Mei–September—kamu bisa mengikuti tur untuk melihat dari dekat mesin-mesin produksi serta proses pembuatan gula di pabrik ini.
Gak hanya itu, ada juga ritual menarik yang dilaksanakan warga sekitar dan karyawan pabrik. Upacara yang disebut ritual Cembengan ini bertujuan memohon doa restu agar proses penggilingan berjalan dengan lancar. Selama ritual, kamu dapat melihat kirab tebu temanten dan berbagai acara kesenian lainnya seperti pasar malam, jathilan dan wayang kulit semalam suntuk.


19. Baurkan diri dalam keriaan pasar malam Sekaten. Main bianglala dan ombak banyu bisa membangkitkan kenangan kebahagiaan sederhana dari masa kecilmu.

Pasar malam Sekaten Yogyakarta
Pasar malam Sekaten Yogyakarta via wisata.kompasiana.com
Jika kebetulan kamu main ke Jogja saat perayaan Sekaten digelar, datanglah ke alun-alun utara tanpa pikir panjang. Di tempat ini, ada pasar malam Sekaten yang menawarkan suasana pesta rakyat yang meriah. Ada puluhan wahana seru yang bisa kamu coba, mulai dari kora-kora, bianglala, ombak banyu, rumah hantu, sampai melihat para daredevil beruji nyali di tong stand. (mungkin maksudnya tong stuntkali, ya).
Pasar malam ini juga menawarkan aneka jajanan yang bisa mengganjal perutmu yang lapar setelah berputar-putar. Tempat ini juga pas banget buat kamu yang pengen berburu pakaian bekas. Tapi, gak cuma pakaian bekas, yang baru juga banyak, lho. Pokoknya pasar ini lengkap, deh!


20. Mau menikmati Jogja ala mahasiswa? Jelas pasar tumpah Sunday Morning UGM tempatnya!

Surga wisata belanja di Jogja tak cuma di Pasar Beringharjo. Coba deh bangun pagi di hari Minggu dan sambangi daerah Lembah UGM, tepatnya di sepanjang Jalan Notonagoro, Bulaksumur, Yogyakarta. Kamu akan menemukan pasar tumpah yang cuma buka pada hari Minggu. Pasar dadakan ini terkenal dengan sebutan Sunmor yang merupakan akronim dari Sunday Morning.
Di Sunmor, kamu bisa menemukan ratusan pedagang menggelar dagangannya di pinggir jalan. Barang-barang yang dijajakan mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesoris, pernak-pernik kamar kos, sampai aneka jajanan untuk mengisi perut-perut yang belum sempat sarapan. Jika hari sudah semakin siang, siap-siap aja berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya, karena tempat ini gak pernah sepi.
Sumpah deh, di Sunmor hampir semua barang kebutuhan sehari-hari bisa kamu temui. Cuma jodoh aja yang nggak ada di sini.

Sebenarnya Jogja masih punya banyak tempat wisata yang belum disebutkan di sini; saking kayanya kota ini, daftar yang Hipwee buat ini gak bisa memuat semuanya. Nah, apakah kamu punya rekomendasi tempat asyik lainnya yang gak begitu dikenal wisatawan? Bagiin ke pembaca Hipwee lainnya melalui kolom komentar, yuk!

10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-yogyakarta-yang-wajib-dikunjungi/
Candi Borobudur
Suka Artikel Ini? Share Yuk!Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn
Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi?

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi karena Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari psuat kota Yogyakarta. Apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan anda cukup menggunakan bus dan turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, sehingga Pantai Parangtritis layak disebut sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang cukup besar dan kuat. Keunikan dari Pantai Parangtritis adalah adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Apabila anda ingin suatu pengalaman yang berbeda, anda dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.

3. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro
Malioboro merupakan nama sebuah jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini sangatlah terkenal dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi, bahkan untuk berfoto di penanda Jalan Malioboro saja kita sering kali harus mengantri terlebih dahulu. Nama Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta dan mempunyai arti karangan bunga. Apa yang membuat Jalan Malioboro begitu terkenal?
Jalan Malioboro menawarkan pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tak ada habisnya. Pada siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro anda akan menemukan banyak sekali penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, dan barang-barang unik lainnya yang dapat dibeli dengan harga murah. Sedangkan pada malam hari, anda akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro.
Hal yang paling saya sukai di Jalan Malioboro adalah adanya beberapa orang yang berpakaian unik, misalnya berpakaian seperti prajurit, pocong, zombie, dan lain-lain. Kita dapat berfoto dengan mereka dengan biaya sukarela.

4. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang
Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

5. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang paling cocok untuk keluarga atau pemula karena arusnya yang tidak berbahaya bila dibandingkan dengan sungai lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo juga dapat dimainkan kapan saja, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi pada saat musim hujan saja.

6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno, anda juga dapat berkunjung ke museum yang mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa. Apabila anda ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, datanglah agak pagi karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuah tempat wisata keluarga di Yogyakarta yang mempunyai banyak koleksi hewan dari berbagai tempat di dunia. Selain dapat melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan seperti selayaknya kebun binatang pada umumnya, anda juga dapat bermain di beberapa wahana permainan yang terdapat di Kebun Binatang Gembira Loka. Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain. Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka adalah 25,000 Rupiah per orang.

8. Gunung Merapi

Gunung Merapi
Gunung Merapi
Gunung Merapi merupakan salah satu gunung di sekitar Yogyakarta. Gunung Merapipakan gunung yang paling terkenal di Yogyakarta, dan merupakan salah satu lokasi favorit para pecinta alam yang hobi mendaki gunung dan menikmati keindahan matahari terbit di puncaknya. Harga tiket masuk kawasan wisata Gunung Merapi adalah 3,000 Rupiah per orang.

9. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur adalah salah satu primadona wisata di sekitar Yogyakarta. Terkenal hingga ke berbagai belahan dunia, Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang paling besar di dunia. Berlokasi sekitar 40 KM dari Yogyakarta, Candi Borobudur saat ini masih dikunjungi biksu yang berziarah karena Candi Borobudur adalah sebuah monumen model dari alam semesta yang merupakan tempat suci. Untuk dapat masuk ke area Candi Borobudur, anda diharuskan menggunakan sarung yang akan dipinjamkan di pintu masuk Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi yang mempunyai relief dan patung Buddha terbanyak di dunia.

10. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah 5,000 Rupiah.

Daftar Lengkap Tempat Wisata di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satu dari 34 provinsi yang ada di Indonesia ini cukup terkenal dikalangan traveller / pelancong. Daerah yang berada di pulau Jawa dan cukup dekat dengan Solo dan Semarang Jawa tengah ini memang dari dulu mempunyai keistimewaan sendiri. Bermacam obyek wisata yogyakarta yang dapat kita temui di provinsi ini. Selain sebagai tujuan wisata, Jogja merupakan salah satu kota tujuan para pelajar untuk menuntut ilmu karena banyaknya universitas / perguruan tinggi ternama yang terdapat pada wilayah ini. seperti UGM, UNY dll
Daftar tempat wisata di Yogyakarta yang disajikan dibawah ini sangat bermacam macam, mulai dari wisata alam dengan deretan pantai yang tersebar di Gunungkidul, sejarah, museum, belanja, keluarga dan masih banyak lagi. Berikut daftar lengkap obyek wisata yang ada di Jogja yang dirangkum oleh wisatakita.web.id
Wisata Belanja
  1. Jalan Malioboro (jalan paling terkenal di Kota Jogja)
  2. Pasar Beringharjo – pasar tradisional
  3. Mal Malioboro
  4. Ambarukmo Plaza atau yang biasa disingkat amplaz
  5. Pasar Klithikan Pakuncen (Jual beli brang baru dan bekas)
  6. Kerajinan Gerabah Kasongan
  7. Pasar Seni Gabusan
  8. Tas Rajut Dowa (Tas yang sudah terkenal sampai luar negeri)
  9. Kerajinan Perak Kotagede
  10. Coklat Monggo.
Wisata Candi
obyek wisata borobudur Jogja
  1. Candi Borobudur (Candi terbesar di dunia)
  2. Candi Prambanan
  3. Candi Mendut
  4. Candi Kedulan
  5. Candi Abang
  6. Candi Ijo
  7. Candi Sabisari
  8. Candi Ratu Boko
  9. Candi Sari
  10. Candi Pawon
  11. Candi Plaosan
Wisata Pantai
Wisata pantai di Jogja yang terkenal saat ini adalah deretan pantai yang tersebar di Gunung Kidul yang relatif masih alami.
  1. Pantai Parangtritis
  2. Pantai Indrayanti
  3. Pantai Samas
  4. Pantai Baron
  5. Pantai Parangkusumo
  6. Pantai Drini
  7. Pantai Kukup
  8. Pantai Krakal
  9. Pantai Sepanjang
  10. Pantai Depok
  11. Pantai Ngobaran
  12. Pantai Sepanjang
  13. Pantai Kuwaru
  14. Pantai Trisik
Wisata alam
  1. Kaliurang
  2. Lereng Merapi (Menikmati mengendarai motor trail ataupun Jeep)
  3. Gumuk Pasir Parangtritis / Samas
  4. Kaliadem
  5. Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran
  6. Puncak Suroloyo
  7. Gua cerme
  8. Gua Pindul
  9. Gua Selarong
Wisata Air terjun
  1. Air Terjun Gedangan
  2. Air Terjun Goa Cerme
  3. Air Terjun Tlogomuncar
  4. Air Terjun Sri Gethuk
  5. Air Terjun Parangtritis
  6. Air Terjun Jogan
  7. Air Terjun Sidoharjo
  8. Tlogomuncar
  9. Curug Nglinggo
  10. Grojogan Watu Jonggol
  11. Grojogan Banyu Tibo
Wisata Sejarah
  1. Keraton Yogyakarta
  2. Tugu Golong Gilig Jogja
  3. Taman Sari
  4. Museum Sonobudoyo
  5. Museum Dirgantara Mandala
  6. Monumen Jogja Kembali
  7. Benteng Vredeburg
  8. dan berbagai museum yang tersebar di wilayah DIY.
Wisata Keluarga
  1. Kebun Binatang Gembiraloka
  2. Alun Alun Kidul (Bermain odong odong dan melewati pohon kembar)
  3. Taman Pintar
  4. Taman Pelangi (taman lampion di Jogja)
  5. Bukit Bintang (menikmati pemandangan hamparan lampu kota diatasa bukit)
  6. Kids Fun
  7. Gumuk Pasir (Sand dune)  pantai samas dan parangtritis.
Desa Wisata
  1. Desa Wisata Krebet
  2. Desa Wisata Kasongan
  3. Desa Wisata Banyusumurup
  4. Desa Wisata Kebon Agung
  5. Desa Wisata Pentingsari
  6. Desa Wisata Ledok Sambi
untuk wisata yang sering dikujungi oleh wisatawan yaitu Tugu Jogja, Malioboro, Keraton yang merupakan simbol / ikon Jogja. Untuk kulinernya kita bisa mencoba nasi Gudeg, Bakpia Patok yang menjadi ikon kuliner daerah Jogja.
Jika ingin menginap, banyak sekali deretan hotel / penginapan yang ada disekitaran Malioboro, atau bisa juga ke kampung Prawirotaman. Rencanakan wisata anda dengan melihat hari libur kalender 2015.
Selain yang telah disebutkan diatas mungkin ada tempat wisata baru yang dibangun di daerah ini. Untuk teman teman yang belum pernah liburan ke Jogja, atau tidak punya teman untuk diajak berkeliling di Kota ini, ada baiknya menggunakan paket wisata Jogja yang disediakan oleh agen tour and travel. Baca juga wisata di Malang dan Wisata Makassar yang tak kalah menarik. Selamat Berlibur.


Read more: 
http://wisatakita.web.id/daftar-lengkap-tempat-wisata-di-yogyakarta.html

10 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta Yang Harus di Kunjungi

Jogja, kota pelajar, kota penuh keistimewaan dengan berbagai tempat wisata didalamya, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner , wisata edukasi sampai dengan tempat hiburan yang menarik ada disini.  Berikut adalah 10 tempat wisata yang ada di Jogja yang harus anda kunjungi, yang mempunyai keistimewaan dan begitu dikenal  oleh wisatawan dalam negeri maupun wisata mancanegara, tempat wisata itu adalah:
Candi borobudur, mahakarya terbaik yang pernah menjadi 7 keajaiban dunia, bangunan candi Budha yang begitu megah, tempat favorit dan tujuan utama wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara, foto dan keahlian fotografi anda akan tertantang di candi yang dibangun pada abad 8 dan 9 pada masa pemerintahan wangsa syailendra yang miliki bangunan yang begitu istimewa dan begitu dikenal oleh wisatawan asing dan bangsa- bangsa didunia dengan bangunan enam teras berbentuk bujur sangkar diatasnya terdapat 3 pelataran melingkar, Dinding dihiasi dengan relief sebanyak 2672 panel dan sebanyak 502 Arca Budha. Stupa utama terletak di tengah tengah dan merupakan yang terbesar, dikelilingi 72 stupa berlubang yang didalamnya ada arca Budha yang tengah duduk bersila. Candi Borobudur menjadi salah satu tempat yang harus anda kunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta.
Berkumpulnya seniman- seniman berbagai universitas, tempat berkumpulnya aksesori dan berbagai pernak pernik, tempat berkumpulnya wisatawan, dan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli, itulah gambaran tempat yang begitu istimewa Malioboro, tak pernah sepi dari wisatawan dari pagi sampai malam datang. Malioboro merupakan tempat favorit wisatawan mancanegara dari berbagai Negara maupun wisatawan lokal, di tempat wisata ini para wisatawan bisa menemukan berbagai hal unik sampai hal yang menakjubkan, mulai dari beribu jenis barang yang ditawarkan, dari yang kecil sampai yang besar,dari ribuan sampai ratusan ribu rupiah, para wisatawan juga bisa menemukan berbagai kesenian daerah yang dimainkan oleh para mahasiswa kesenian di Jogja, mulai dari peragaan alat musik tradisional angklung sampai dengan kesenian budaya lainnya. Malioboro tempat yang harus anda kunjungi saat berada di Yogyakarta, tak lengkap liburan anda kejogja tanpa datang ketempat wisata kebanggaan kota Yogyakarta.
Kebun binatang terbesar dipulau jawa, dengan berbagai jenis flora dan fauna yang bisa anda pelajari tentang kehidupan dan habitatnya, mulai dari kelompok Mamalia seperti Beruang Madu, Gajah Asia, Harimau Sumatera, Kuda nil, Orang Utan, Rusa Tutul, Sapi Bali , Tapir, Unta , Wallaby dan Zebra. Kelompok Burung seperti Elang Bondol, Julang Emas, Kaka Tua, Merak Hijau dan  Nuri Bayan. Kelompok Reptil Seperti Biawak Naga,Biawak Pohon , Chameleon, Kaiman Kerdil, Kepala Ceri, Kura- Kura Leopard,Kura- Kura Radiata, Kura- kura Sulkata, Kura- Kura Terapin, Monitor Pohon, So Layar Ambon, Viper Gabon dan Viper Vagleri. Kelompok Amfibi seperti Katak Badut Afrika, Katak Bibir Putih, Katak Pacman, Katak Pesek, Katak Tanduk dan Katak Tomat. Dan Kelopok ikan Seperti Arapima Rakasasa, Ikan Discus, Ikan Niasa, Ikan Red Devil, Patin Albino, dan Piranha, Bisa Anda nikmati semuanya di Gembira Loka. Selain kelengkapan fauna yang bisa anda lihat, digembiro loka anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas, seperti becak air, perahu danau buatan, foto bersama ular,gajah dan unta tunggang, terapi ikan, perahu senggol, perahu boat, perahu banana, kereta mini, yang tentunya bisa anda nikamti di dembira loka zoo.
Unik , sederhana tapi mewah, tradisional dan luar biasa, itulah rumah raminten, rumah dari berbagai masakan, minuman dan makan unik, dan tak cuma unik rasanya pun begitu istimewa. Rumah raminten merupakan tempat makan dan café yang unik, nama- nama makanan ataupun minuman yang belum pernah anda dengar sebelumnya ditempat makan manapun dari makanan tradisional sampai makanan modern dan mewah bisa anda cicipi disini, mulai dari es susu perawan, es purworukmi, es gajah ndekem, cunduk raminte ayam koteka, jangkrik keju, satelit dan masih banyak makanan yang aneh- aneh lainnya yang tentunya rasa dan lezatnya tak perlu diragukan lagi, sambil ditemani alunan musik jawa, makan andapun akan terasa lebih nyaman.  Rumah raminten bisa anda temukan diberbagai tempat di Yogyakarta, di lantai tiga mirota batik malioboro, di kota baru ,di jalan FM Noto no.7,Yogyakarta, dan dijalan kaliurang Yogyakarta.
Situs Candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan Sudah ditetapkan UNESCO sebagai cagar budaya dunia sejak tahun 1991. Bagunan candi yang sangat luar biasa, Struktur candi ini menggambarkan secara jelas kepercayaan dalam agama Hindu, yakni TRIMURTI maka Candi ini memiliki 3 Candi utama yang melambangkan hal tersebut.  Ketiga candi terbut adalah Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa yang semuanya menghadap ke Timur.Masing- masing candi utama memiliki satu candi pendamping yakni Garuda untuk Candi Wisnu, Angsa untuk Candi Brahma dan Nandini untuk candi Siwa. Setiap candi utama juga memiliki 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sedangkan pada halaman terdapat 224 candi.Candi Siwa merupakan candi yang tertinggi dan terdapat 4 ruangan, ruangan utama berisi Arca Siwa, kemudian Arca Durga (istri Siwa juga disebut sebut sebagai arca Putri Roro Jonggrang), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Sedangkan disebelah selatan Candi Siwa ada Candi Brahma yang terdiri dari satu ruangan saja berisi Arca Brahma demikian juga disebelah utaranya adalah Candi Wisnu disini juga terdirti satu ruangan saja yang berisi Arca Wisnu. Candi Prambanan merupakan tempat selalu dituju wisatawan saat berkunjung di Yogyakarta.
pantai yang begitu elok dengan segala keindahannya, ombak yang besar dan angin yang kencang selalu menerpa tubuh kita. Namun bagi anda yang ingin berenang dipantai ini tidak boleh begitu jauh dan tidak boleh melewati batas aman. Pantai yang penuh mitos didalamny dimana pantai parangtritis merupakan kerajaan dari Ratu Pantai Selatan “ Nyi Roro Kidul” sosok gaib yang merupakan penguasa laut selatan, walaupun begitu pantai ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal, untuk menikmati sunset dan bercanda tawa dengan teman dan pasangan, tentunya ini menjadi hal yang romantis dan harmonis bagi anda. Ataupun bisa anda jadikan tempat berkumpul bersama keluarga, angin yang kencang bisa gunakan  untuk menerbangkan layang- layang, tentunya anak- anak akan semakin senang. Pantai  Parangtritis, paling terkenal di Joga yang ini menjadi kebanggan dan unggulan kota Yogyakarta dalam hal pariwisata.
Dengan menempati area seluas 1,3 km persegi keraton dibangun dengan konsep kosmologi jawa yakni alam terbagi menjadi 3 bagian yakni atas sebagai tempat para dewa kemudian bagian tengah sebagai tempat manusia dan bawah sebagai tempat kekuatan jahat, sedangkan bagian atas dan bawah dibagi lagi masing masing menjadi 3 bagian yang seluruhnya jadi 7 bagian. Bagian tersebut adalah :
  1. Lingkungan Alun alun utarasampai siti Hinggil utara
  2. Keben atau kemandungan utara
  3. Sri Manganti
  4. Pusat Kraton
  5. Kemagangan
  6. Kemandungan Kidul
  7. Alun alun selatan sampai siti hinggil selatan
Sedangkan secara tata ruang keraton di susun dengan pola kosentrik yakni :
  1. Lapisan luar, disini terdapat Alun alun utara dan selatan dengan masing masing antributnya. Alun alun utara dengan Masjid Agung, Pekapalan, Pagelaran dan pasar yang membentuk catur gatara tunggal. Alun – alun Selatan dengan Kandang Gajah kepatihan sebagai prasaranan birokrasi dan Benteng sebagai prasarana militer
  2. Lapisan kedua, Siti Hinggil merupakan halaman dengan pelataran yang ditinggikan. Ini juga terdapat di sisi utara dan selatan. Siti Hinggil utara ada bangsal witana dan bangsal manguntur tangkil tempat untuk mengadakan upacara kenegaraan, sedangkan siti hinggil selatan digunakan untuk melihat latihan keprajuritan. Bagian terakhir pada lapisan kedua ini adalah supit urang/pamengkang yaitu jalan yang melingkari Siti Hinggil.
  3. Lapisan ketiga berupa Pelataran Kemandhungan utara dan selatan. Ini merupakan ruang transisi menuju pusat. Pada pelataran kemandungan utara terdapat bangsal pancaniti sebagai tempat sultan melakukan pengadilan khusus perkara yang ditangani raja. Selain itu sebagai ruang tunggu abdi dalem untuk menghadap raja.
  4. Lapisan ke empat terdiri dari Pelataran Sri Manganti dengan bangsal Sri manganti sebagai ruang tunggu menghadap raja, dibagian ini juga terdapat bangsal trajumas di utara pelataran kemagangan dan bangsal kemagangan disisi selatannya.
  5. Lapisan akhir adalah merupakan pusatnya yakni terdapat pelataran kedhaton yang terdiri dari Tratag, Pendhopo, pringgitan dalem.
Sebagai penghubung antar pelataran dibatasi dengan benteng dan gerbang sehingga terdapat 9 gerbang pada 9 pelataran dan nama gerbang tersebut adalah Gerbang Pangurakan, Gerbang Brajanala, Gerbang Srimanganti, Gerbang Danapratapa, Gerbang Kemagangan, Gerbang Gadung Mlathi, Gerbang Kamandhungan, Gerbang Gadhing, dan Gerbang Tarub Agung.
Kaliurang, Tempat berkumpul keluarga dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, tentunya kenyamanan dan keindahan alam dengan kesejukan khas pegunungan bisa anda dapatkan disini, tempat yang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, untuk anak-anak ada taman rekreasi dimana anak anak bisa bermain-main. Ada kolam renang mini, ayunan, papan luncur, dan berbagai macam permainan yang pasti putra putri anda akan menyukainya. Jika anda yang suka petualangan anda bisa mendaki bukit plawangan dan mencapai sampai mencapai tempat yang dinamai puncak pronowijo, dari puncak ini anda bisa melihat indahnya kota jogja dari atas dan tentunya pemandangan yang fenomenal kita bisa melihat istimewanya gunung merapi dengan jelas. Tak cukup sampai disitu anda juga bisa menemukan air terjun tlogo muncar, tak begitu besar debit airnya namun begitu ini untuk menyegarkan pikiran, tentunya anda yang ingin berbasah- basah bisa menikmati kolam alami yang dinamai telogo putri, fasilitas dan kegiatan bersama keluarga yang menyenangkan bisa anda dapatkan semuanya disini.
Ingin menemukan berbagai macam batik dengan harga yang murah tentunya dengan kualitas batik yang baik, tentunya ini tempat yang harus anda tuju, pasar  beringharjo, surganya batik di Yogyakarta. Banyak wisata mancanegara maupun wisatawan dalam negeri datang kepasar ini untuk membeli seni dan budaya bangsa Indonesia yang luar biasa itu. Anda bisa menemukan  berbagai macam batik dipasar beringharjo ini mulai dari batik Yogyakarta, batik Solo dan batik Pekalongan dari yang sudah berbentuk baju, sarung, pakaian anak- anak, pakaian wanita ataupun yang masih berupa kain, semua itu bisa anda temukan dipasar tradisional ini.
Surga masakan khas dan masakan yang menjadi icon kota Yogyakarta” Gudeg Jogja” , bagi anda pecinta wisata kuliner inilah tempat yang harus anda kunjungi, kenikmatan khas gudeg jogja bisa anda temukan di rumah makan di kampung wijilan yang merupakan kampong sentra gudeg jogja ini. Tak lengkap liburan anda ke Yogyakarta jika tidak menikmati makanan khas yang sudah terkenal oleh wisatawan Mancanegara dan domestik ini. Gudeg Jogja berbahan dasar Gori atau nangka muda , yang dikukus sekitar 24 jam dalam suhu yang sangat panas untuk menguapkan kuahnya. Gudeg Jogja berbeda dengan Gudeg yang lain karena tidak berkuah, gudeg kering berwarna coklat tua kemerah- merahan dengan rasa yang manis dan gurih. Gudeg Jogja ini bisa anda nikmati dengan berbagai lauk, mulai dari daging ayam dan telur yang direbus  dan dipindang hingga berwarna coklat,dipadu dengan rasa pedas yang didapat dari perpaduan tempe dan sambel krecek menjadikan gudeg ini mempunyai cita rasa pedas manis yang bisa membuat lidah anda bergoyang. Anda bisa menikmati gudeg ini dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp.5.000 sampai puluhan ribu rupiah tergantung dari jenis lauk yang anda pilih. Bagi anda berminat untuk melihat proses pembuatan gudeg Jogja, dari beberapa warung yang ada di Kampung Wijilan memperbolehkan anda untuk melihat langsung proses pembuatan gudeg Jogja ini, jika anda penasaran dengan proses pembuatanya.
Jika Anda masih bingung mengenai lokasinya, berikut PETA LOKASI JOGJA, semoga membantu.. :)

50 Tempat Wisata di Jogja Murah Terbaik

 Yogyakarta merupakan kota yang sangat indah dan istimewa di Indonesia. Tak kalah bagusnya dengan objek wisata Jakarta, Yogyakarta juga memiliki berbagai tempat wisata yang amat menarik untuk dikunjungi oleh semua orang, baik warga lokal maupun asing dengan harga yang cukup murah. Salah satu tempat yang paling populer di Jogja adalah Jl. Malioboro, yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Di jalan tersebut beraneka kuliner khas Jogjakarta dan kota lainnya tersedia, selain itu sangat banyak budaya yang ditampilkan, sehingga tak salah jika dijuluki dengan City of Culture di Indonesia.

Kota yang dijuluki dengan oleh orang Indonesia dengan sebutan kota Gudeg ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan tempat yang amat menarik untuk dikunjungi. Dulunya Jogja adalah ibukota dari Indonesia, namun kini telah dipindahkan ke Jakarta. Wajar saja Yogyakarta menjadi ibukota karena kota yang satu ini memang memiliki kemajuan yang lebih baik dibanding yang lain, baik dari segi pendidikan, kreativitas masyarakat, keindahan kota, dan lain sebagainya. Dan soal wisata tak perlu diragukan lagi, banyak wisatawan yang berdatangan kesana, baik wisatawan lokal maupun asing.

Jogja bukan hanya sebagai kota wisata yang menyenangkan, tetapi juga sebagai sentra pendidikan yang sangat bagus di Indonesia, wajar saja jika Yogyakarta juga dijuluki dengan sebutan kota pendidikan. Kota yang satu ini memang berbeda dengan kota lainnya di Indonesia, suasana tenang, alam yang indah, masyarakat yang sangat ramah, dan kuliner yang lezat, dan itulah sekiranya daya tarik utama dari sebuah kota bernama Jogjakarta.

Keramahan kota Jogja bukan hanya dilihat dari suasana dan objek wisatanya saja yang asri dan damai, tetapi juga karakter sebagian besar masyarakat Jogja yang sangat ramah dan terbuka dengan orang asing, baik itu turis dalam negeri maupun mancanegara. Hal itulah yang membuat Jogja menjadi destinasi wisata teratas di Indonesia bersama Bali. Selain itu, dukungan dari pemerintah pastinya harus terus berjalan, seperti dengan memperbaiki infrastruktur atau fasilitas umum dan mempermudah ruang gerak orang asing agar lebih mudah untuk mengunjungi Jogja, sehingga perekonomian warga pun ikut terangkat.


Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta


#1 Malioboro

Tempat Wisata Jogja
Malioboro

Malioboro adalah nama salah satu jalan dari tiga jalan di Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Malioboro dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

Ada banyak obyek bersejarah yang tersedia di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg khas jogja, serta berbagai kemenarikan lainnya.

  1. Pasar Beringharjo
  2. Kasongan
  3. Pasar Seni Gabusan
  4. Pantai Baron - Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab Gunungkidul
  5. Pantai Samas - Des. Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul
  6. Air Terjun Gedangan - Bantul
  7. Air Terjun Goa Cerme - Bantul
  8. Air Terjun Jogan - Gunung Kidul
  9. Air Terjun Parangtritis - Bantul


#2 Pantai Parangtritis - Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul

Tempat Wisata Jogja
Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. 

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.

  1. Pantai Indrayanti - Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul
  2. Pantai Pok Tunggal - Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul
  3. Pantai Sepanjang - Timur Pantai Kukup, Kab. Gunungkidul
  4. Pantai Ngobaran - Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul
  5. Pantai Sadeng - Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul
  6. Pantai Glagah - Kab. Kulon Progo
  7. Pantai Wediombo - Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul
  8. Candi Kalasan adalah Peninggalan Budha yang Tertua di Yogyakarta - Desa Kalibening, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  9. Candi Gembirowati - Desa Girijati, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul


#3 Candi Prambanan - Desa Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman

Tempat Wisata Jogja
Candi Prambanan

Merupakan candi tercantik di dunia, dan terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.
  1. Kraton Ratu Boko, memiliki Kemegahan di Bukit Penuh Kedamaian - Desa Dawung, Kec. Prambanan, Kab Sleman
  2. Candi Ijo, Candi ini Letaknya paling tinggi di Yogyakarta - Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  3. Candi Abang - Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman
  4. Candi Gampingan - Desa Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul
  5. Candi Sari - Desa Candisari, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  6. Candi Kedulan - Desa Kedulani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  7. Candi Sambisari - Desa Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  8. Candi Sorogedug - Dusun Sorogedug, Desa Madurejo, Kec Prambanan, Kab. Sleman
  9. Candi Kimpulan - Dusun Kimpulan, Desa Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman

#4 Taman Sari

Tempat Wisata Jogja
Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. 

Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.
  1. Candi Banyunibo - Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  2. Candi Morangan - Desa Morangan, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman
  3. Candi Risan - Dusun Candirejo, desa Risan, Kec. semin, Kab. Gunungkidul, 
  4. Situs Mantup - Dusun Mantup, Desa Baturetno, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul
  5. Situs Payak - Dusun Payak, Desa Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul
  6. Situs Mangir - Dusun Mangir, Desa Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul
  7. Situs Arca Bugisan - Dusun Bugisan, Desa Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman
  8. Situs Arca Gupolo - Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman
  9. Situs Gua Sentono - Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kab.


#5 Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Jogja
Keraton Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. 
  1. Kebun Binatang Gembira Loka
  2. Candi Klodangan - Dusun Klodangan, Desa Sendangtirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman
  3. Monumen Jogja Kembali
  4. Goa Selarong
  5. Gua Rancang Koncono
  6. Gua Cerme
  7. Museum Sonobudoyo
  8. Pemakaman Imogiri
  9. Kerajinan kulit Manding Bantul

Daftar Nama Hotel di Yogyakarta
Setelah diatas membahas tentang objek wisatanya, berikut ini adalah nama beberapa hotel di Jogjakarta yang mungkin ingin Anda sewa untuk menginap demi merasakan liburan yang menyenangkan. Berikut adalah rangkumannya.

Hotel Berbintang 5 di Yogyakarta

Melia Purosani
Jl. Suryotomo No 31 Yogyakarta 55122
telp: 0274-589521

Hyatt Regency Hotel
Jl. Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta 55581
telp: 0274-869123

Hotel Berbintang 4 di Yogyakarta

Inna Garuda Hotel
Jalan Malioboro No. 60 Yogyakarta
(0274) 566353

Santika Hotel
Jalan Jend. Sudirman No 19 Yogyakarta 55233
telp: (0274) 56303

Sahid Garden Hotel
Jalan Babarsari Yogyakarta
(0274) 48888

Century Saphir Hotel
Jalan Laksda Adisucipto 38 Yogyakarta
(0274) 56475

Jayakarta Hotel
Jalan Laksda Adisucipto Km 8 Yogyakarta
(0274) 48841 

Comfort Suite Yogyakarta
Jalan Pringgodani No. 22 Demangan Baru Yk
(0274) 51933 

Jogjakarta Plaza Hotel
Jalan Gejayan, Colombo Yogyakarta
(0274) 58672

Quality Hotel
Jl. Laksda Adisucipto No. 48 Yogyakarta
(0274) 48500

Novotel Yogyakarta
Jalan Jend Sudirman Yogyakarta
(0274) 58092 

Hotel Berbintang 3 di Yogyakarta

Mutiara Hotel
Jalan Malioboro No. 18 Yogyakarta
(0274) 56381

Puri Artha Hotel
Jalan Cendrawasih NO 36 Yogyakarta
(0274) 56328

Mercure Hotel
Jalan Jendral Sudirman 9-11 Yogyakarta
(0274) 56661

Ibis Malioboro
Jalan Malioboro No. 52-58 Yogyakarta
(0274) 51697

Wisma MM
Jalan Kolombo No. 1 Yogyakarta
(0274) 55798

Hotel Murah di Yogyakarta

Vidi I
Jalan kaliurang Km 5 Yogyakarta
(0274) 56060 

Vidi II
Jalan Kaliurang Km 5,2 Yogyakarta
(0274) 563786

Vidi III
Jalan Km 5,2 BI CT II/5
(0274) 58665

Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke Yogyakarta sesudah menyimak artikel ini? Ya, memang patut diakui Yogyakarta adalah tempat yang istimewa di Indonesia dengan budaya yang khas nan indah. Selain Espilen Blog sajkan objek wisatanya, diatas juga ada daftar hotel di beberapa kawasan di daerah Yogyakarta yang mungkin jadi pilihan Anda untuk menginap disana. Itulah daftar 50 Tempat Wisata Terbaik di Jogja yang murah dan mungkin ingin Anda kunjungi. Semoga bermanfaat. Selamat berlibur di kota yang indah ini.

TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI JOGJA



Daftar tempat wisata rekomendasi yang wajib anda kunjungi di wilayah Jogja ini, diharapkan dapat menjadi panduan lengkap jalan-jalan bersama keluarga maupun kerabat. Mungkin beberapa tempat secara administratif tidak masuk wilayah Yogyakarta, tetapi karena letak obyek yang cukup dekat dengan Jogja dan malah lebih mudah dijangkau, maka kami masukkan dalam daftar yang direkomendasikan.
obyek wisata di jogjaAdapun informasi tempat wisata di Jogja yang kami rekomendasikan, bahkan wajib dikunjungi diantaranya:
  1. Malioboro. Nama jalan yang sangat terkenal di Yogyakarta ini berada di pusat kota dan sangat dekat dengan kilometer nol (KM 0) yaitu Keraton. Di jalan ini anda bisa berbelanja mencari cideramata dan menikmati kuliner secara lesehan di malam hari. Selain itu, banyak kegiatan masyarakat yang dilakukan di jalan Malioboro. Tidak heran jika pembangunan hotel di kota Jogjaterpusat di wilayah ini.
  2. Mengunjungi pantai terkenal di Yogyakarta yang menjadi tujuan wisata para pendatang yang berlibur. Kami telah membuat ulasan secara lengkap mengenai pantai-pantai di wilayah ini. Yang cukup banyak dituju biasanya pantai Parangtritis, Parangkusumo, Indrayanti, Glagah dan Jogan.
  3. Candi Prambanan. Berlokasi di sebelah timur laut kota Jogja menuju ke arah Klaten. Jaraknya sekitar 17km. Candi indah yang dibangun pada abad ke 9 ini memiliki nama lain candi Loro Jonggrang.
  4. Candi Borobudur. Candi yang terkenal dunia ini berada di Magelang. Tetapi karena lebih mudah dicapai dari kota Yogyakarta, maka banyak yang memasukkannya sebagai obyek wisata di Jogja.
  5. Taman Sari Yogyakarta. Berupa situs bersejarah yang berbentuk taman milik Keraton. Bangunan indah ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Sultan Hamengku Buwono pertama. Di dalamnya terdapat kolam pemandian putri raja dan permaisuri di zaman dahulu.
  6. Musium Affandi. Obyek wisata seni yang berisi lukisan-lukisan sang maestro Affandi yang sangat terkenal di dunia. Letaknya di jalan Laksda Adisucipto (cukup dekat dengan bandara).
  7. Kaliurang. Lereng gunung merapi yang berhawa sejuk ini cukup ramai dikunjungi saat weekend. Jika anda berwisata di bulan juni-september, biasanya sering disuguhi pemandangan guguran lahar yang menyala di puncak Merapi.
  8. Musium Benteng Vredeburg. Berlokasi di depan Keraton Jogja. Musium ini menjadi saksi sejarah Indonesia. Di tempat wisata ini, anda akan disuguhi diorama masa perjuangan bangsa.
  9. Hutan konservasi UGM. Berada di dalam lingkungan kampus terbaik tersebut. Memang tidak banyak yang berwisata ke tempat ini, tetapi jika anda memiliki kerabat di Yogyakarta, biasanya kita diajak untuk menikmati sore di tempat yang indah dan berudara segar ini.
  10. Musium Ullen Sentalu. Letaknya di Pakem, Kaliurang. Obyek wisata yang menyimpan barang-barang bersejarah milik kerajaan Mataram. Di sini juga dapat anda temukan koleksi batik yang lengkap dan indah.
  11. Gembira Loka. Yaitu kebun binatang dengan koleksi hewan yang sangat lengkap. Bedanya denganTaman Safari yaitu binatang di sini diletakkan dalam kandang yang cukup terawat. Di lokasi ini juga banyak disediakan wahan permainan bagi anak-anak.
  12. Air terjun Sri Gethuk. Letak tempat wisata menarik ini di wilayah Gunung Kidul, tepatnya di ngarai sungai Oya.
  13. Ketep Pass. Berupa bangunan menara pandang untuk meneliti aktivitas gunung Merapi. Pada jam-jam tertentu diputar film tentang gunung teraktif di dunia itu. Jika anda ingin berkunjung, letaknya sekitar 25 dari Jogja ke arah Magelang.
  14. Kasongan Bantul. Merupakan pusat keramik gerabah yang sangat terkenal. Banyak pemesan sovenir pernikahan yang berbentuk keramik yang berbelanja di tempat ini.
  15. Kerajinan Perak Kota Gede. Jika anda sering melihat ukiran yang terbuat dari perak bakar yang berbentuk becak mini, lukisan dinding maupun hiasan meja, maka itu semua biasanya dibeli dari Kota Gede. Obyek wisata yang sangat disukai oleh turis mancanegara ini sudah terkenal di luar negeri sebagai salah satu sentra kerajinan perak terbesar di Asia.
  16. Keraton Yogyakarta. Pusat kerajaan Mataram terletak di sini. Pada musim liburan sekolah, banyak pelajar yang berkunjung untuk mengetahui adat jawa lengkap termasuk sejarah bangsa yang terpelihara di tempat ini. Memang tidak semua area keraton dapat dimasuki oleh masyarakat yang datang berkunjung ke istana Sultan Jogja ini. Jangan lupa, di malam hari anda wajib mencobakegiatan masangin yang dilakukan di belakang Keraton (alun-alun kidul).
Demikian informasi tentang lokasi wisata terkenal di Jogja yang wajib anda kunjungi saat berlibur di kota ini. Rekomendasi kami, jika ingin menikmati semua obyek yang kami tulis, anda butuh menginap minimal 5 hari di Yogyakarta.
https://www.berhotel.com/tempat-wisata-yang-wajib-dikunjungi-di-jogja.html

16 PANTAI
Temukan Pantai Cantik yang Tersembunyi di Yogyakarta

Yogyakarta bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Di sepanjang 110 km garis pantainya terdapat puluhan pantai cantik, sebagian masih tersembunyi. 

9 CANDI
Jelajahi Bangunan dari Peradaban yang Hilang di Yogyakarta

Sebagai destinasi archaeotourism yang terkenal, Yogyakarta merupakan surga untuk menjelajahi candi-candi kuno dan menemukan reruntuhan dari peradaban yang hilang misterius.


















1 komentar: