Rabu, 17 Desember 2014

Membangun Bisnis Tanpa Modal

Kita bisa memiliki bisnis tanpa harus punya modal, beberapa di antaranya  bisa di tempuh dengan cara sebagai berikut:
Kita bisa menjadi sebagai perantara, kita bisa melibatkan diri dalam marketing properti, mobil, sepeda motor dan lain sebagai nya. Untuk sebagai perantara di bagi dalam dua kategori:
1) Kecil-kecil jadi bukit.
Kita menjadi marketing agent,makelar dengan menjual barang secara konsinyasi (orang titip jual kekita dan kita baru bayar ketika sudah laku), setelah kita tela mendapatkan modal baru kita buka sendiri. (ini sudah dilakukan ibu saya dikampung halaman, dan saya sebagai asisten beliau)
2)Langsung jadi gunung
Contoh: Ada sebuah cerita menarik tentang pemudah miskin di benua Amerika, dia melihat  seorang pedagang tembakau terbesar di Amerika,dan dia sangat ingin bertemu dengannya.
Untuk itu dia selalu menunggu kesempatan untuk bisa bertemu dengan pedagang tersebut, selama seminggu menunggu di depan rumah nya,dia selalu mencuri perhatian pedagang tersebut dengan berbagai cara seperti melambaikan tangan nya setiap pedagang tersebut melihat kedepan rumah nya, karena tujuh hari anak muda itu terus mencuri perhatian maka pedagang tersebut penasaran dan akhirnya di panggila anak muda itu.
ketika ditanya oleh pedagang , ” saya lihat kamu selalu melambaikan tangan, sebenarnya ada apa anak muda?” anak muda ini menjawab, ” saya bisa mencarikan tembakau yang lebih bagus dengan harga yang lebih murah, anda tidak perlu membayar terlebih dahulu, kalau ternyata tembakau sudah datang dan kualitas nya tidak bagus dan harga nya tidak lebih murah, tidak perlu di bayar dan tidak ada risiko.
Ketika pembicaraan berlanjut dan pedagang tadi tertarik dan setujuh mau membeli, anak muda ini mengatakan,” bolekah saya mendapatkan kontrak kerja tertulis  yang bunyinya:” Saya……..pedagang tembakau beralamat……….bersedia membeli tembakau ………dengan kualitas………….dengan harga harus lebih murah dari UU$……./kilo, untuk tahap awal boleh dikirim sekian ton terlebih dahulu dengan pembayaran akan di lakukan setelah barang tibah sesuai mutu dan harga yang saya minta, Apabila mutu dan harga tidak sesui maka pembayaran tidak akan dilakukan”.
Karena tidak ada risiko dan dan terkesan daya juang pemuda ini maka pedagang tersebut setuju untuk membuat surat tadi.
Kemudian anak muda ini mencari dan mengumpulkan pedagang-pedagang besar tembakau dari Brazil.
Karena ada surat dari pedagang tembakau terbesar dari Amerika tersebut, dan setelah di cek memang benar bahwasanya surat tersebut dari pedagang tembakau terbesar dari Amerika maka pedagang tembakau dari Brazil berani mengirimkan sampel dengan perjanjian bahwa bila sampel tersebut di terima dengan baik, anak muda ini akan mendapatkan persentase.
Singkat kata, anak muda tersebut  jadi kaya mendadak, dia akhirnya menjadi seorang raja kapal yang sangat kaya, dan pemuda ini bernama ARISTOTLE ONASSIS … (ini juga sudah saya lakukan, karena juga masih menengah, ya tetap melalui proses)
OK, mungkin cerita diatas bisa menginspirasi sikap kita agar selalu mempunyai keyakinan dan untuk selalu berusaha lebih keras walaupun sebenar nya kita tidak mempunya modal materi sendiri, namun modal keyakinan jauh lebih penting dari modal yang lain, karena pada dasar nya untuk melakukan suatu usaha itu harus mempunyai keyakinan yang kuat, kemauan yang keras dan berdoa tentu nya. (sumber:: dari berbagai sumber, ttd Riyanto, SE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar